PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA POP UP BOOK KELAS V SD NEGERI PANGEBATAN

AMDESTIANA, ELMA AISYAH BRILIAN (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA POP UP BOOK KELAS V SD NEGERI PANGEBATAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_BAB II.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
Elma Aisyah Brilian Amdestiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar (SD) yang mempelajari tentang alam dan sekitarnya. Siswa cenderung kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran IPA, dengan indikasi kurang aktif siswa berdasarkan hasil observasi adalah: kurangnya respon timbal balik siswa terhadap pertanyaan yang diberikan oleh guru, siswa memilih bermain sendiri ketika diberikan tugas oleh guru, kurangnya tingkat penguasaan materi pelajaran. Prestasi belajar rendah dilihat dari hasil nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantu media pop up book. Model pembelajaran koopeatif tipe TAI memiliki unsur-unsur yang dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa, media pop up book membuat pembelajaran lebih menarik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VA SD Negeri Pangebatan yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian dapat dilihat dari siklus I yaitu nilai rata-rata tanggung jawab berdasarkan hasil angket siswa sebesar 3,2 dengan kriteria baik, prestasi belajar siswa dilihat dari hasil tes unit pada pertemuan 1 sebesar 94,21 dan pada pertemuan 2 sebesar 85 dengan rata-rata keseluruhan sebesar 89,6 kriteria sangat baik. Hasil penelitian siklus II yaitu nilai rata-rata tanggung jawab berdasarkan hasil angket siswa sebesar 3,31 dengan kriteria sangat baik, prestasi belajar siswa dilihat dari hasil tes unit pada pertemuan 1sebesar 96,8 dan pada pertemuan 2 sebesar 85 dengan rata-rata keseluruhan sebesar 89,6 kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu media pop up book dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi struktur bumi dan matahari di kelas VA SD Negeri Pangebatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: IPA, Model TAI, Pop Up Book, Prestasi Belajar, Tanggung Jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:50
Last Modified: 14 Sep 2017 02:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4111

Actions (login required)

View Item View Item