UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA VIDEO DI KELAS V SDN PANAMBANGAN

CATURSARI, DESSELY (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA VIDEO DI KELAS V SDN PANAMBANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dessely Catursari_JUDUL.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessely Catursari_BAB I.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessely Catursari_BAB II.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
Dessely Catursari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
Dessely Catursari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Dessely Catursari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
Dessely Catursari_DAFTAR PUSTAKAL.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
Dessely Catursari_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatnya sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama di kelas V SD Negeri Panambangan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu media video. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Panambangan dengan jumlah 29 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah penelitian ini mengacu pada langkah-langkah Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, angket skala sikap, lembar evaluasi dan lembar wawancara. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,08 dengan kriteria baik dan pada siklus II yaitu 3,36 dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 2,3 dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria baik. Hasil skala sikap tanggung jawab pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 3,18 dengan kriteria baik dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,24 dengan kriteria baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 73,27 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 74,13% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 80,34 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,03% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning berbantu media video dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri Panambangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar PKn, Problem Based Learning, Media Video
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:44
Last Modified: 14 Sep 2017 02:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item View Item