PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

PUTRI, NIA CUCU RAHMA (2015) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL Nia.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Nia.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Nia.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
BAB III Nia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV Nia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Nia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Nia.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN Nia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Rendahnya kerja keras dan prestasi belajar siswa menjadi permasalahan dalam penelitian ini yang disebabkan karena siswa kurang bekerja keras dalam mencari penyelesaian jawaban soal yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kolaboratif strategi predict discuss explain observe discuss explain (PDEODE). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Objek penelitian adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Peguyangan yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi dan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Indikator keberhasilan yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kolaboratif strategi predict discuss explain observe discuss explain (PDEODE) dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil rata-rata dari siklus I yaitu 30,35 meningkat pada siklus II yaitu 35,78. Hasil prestasi belajar dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 63,78 dengan ketuntasan 56,25%, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 81 dengan ketuntasan 81%. Penggunaan model pembelajaran kolaboratif strategi predict discuss explain observe discuss explain (PDEODE) dapat meningkatkan kerja keras siswa dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kerja Keras, Prestasi Belajar, Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:23
Last Modified: 18 Oct 2016 03:23
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item