PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT DI SD NEGERI LOCONDONG

HARTINI, DIAN AMBAR IS (2017) PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT DI SD NEGERI LOCONDONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dian Ambar Is Hartini_JUDUL.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB I.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
Dian Ambar Is Hartini_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
Dian Ambar Is Hartini_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan program UKS merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi peserta didik dan guru supaya tercipta lingkungan sekolah yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran UKS dalam menciptakan lingkungan sehat, hambatan pada pelaksanaan peran UKS dalam menciptakan lingkungan sehat, dan upaya mengatasi hambatan pelaksanaan peran UKS dalam menciptakan lingkungan sehat di SD Negeri Locondong. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah pembina UKS, guru UKS, peserta didik SD Negeri Locondong, dan pegawai Puskesmas Rawalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran UKS dalam menciptakan lingkungan sehat dilaksanakan melalui program-program berikut: 1) Pendidikan kesehatan yang terdiri dari tiga aspek yaitu: a) Pemberian pengetahuan dan keterampilan tentang prinsip-prinsip hidup sehat. b) Penanaman perilaku/ kebiasaan hidup sehat. c) Pelatihan dan penanaman pola hidup sehat agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Pelayanan kesehatan dan 3) Pembinaan lingkungan sehat. Ketiga program tersebut dapat meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai perilaku hidup bersih dan sehat sehingga tercipta lingkungan sekolah yang sehat. Hambatan pelaksanaan peran UKS yaitu: 1) Keterbatasan dana pada proses pelaksanaan UKS. 2) Keterbatasan waktu pegawai Puskesmas untuk fokus 100% di UKS. 3) Waktu untuk menciptakan kebiasaan berperilaku bersih dan sehat. Upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan peran UKS yaitu: 1) Mencari dana dari pihak/ intansi lain. 2) Pegawai Puskesmas mengupayakan kegiatan di tempat kerja dan UKS berjalan beriringan dengan merelakan waktu libur. 3) Selalu mengingatkan di setiap kesempatan. 4) Memberikan contoh secara nyata.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: UKS, Lingkungan Sehat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 01:32
Last Modified: 14 Sep 2017 01:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item View Item