MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU PERMAINAN LINGKARAN ILMU DI KELAS IVA SDN 3 PAGERAJI

ANINDITA, FACHNIZA DWIKA (2017) MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU PERMAINAN LINGKARAN ILMU DI KELAS IVA SDN 3 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Fachniza Dwika Anindita_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB I.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB II.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
Fachniza Dwika Anindita_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
Fachniza Dwika Anindita_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Rasa ingin tahu siswa kelas IVA (empat) SDN 3 Pageraji masih rendah disebabkan karena kurang antusiasnya siswa dalam mempelajari hal baru yang diajarkan oleh guru dan kurangnya keinginan siswa untuk bertanya mengenai materi baru serta tidak mencoba mencari sumber belajar selain buku dari sekolah. Hal ini juga mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa kelas IVA di SDN 3 Pageraji yang tergolong rendah selain dikarenakan rasa ingin tahu yang rendah juga dikarenakan nilai siswa yang belum mencapai KKM. KKM yang ditentukan adalah 70. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IVA SDN 3 Pageraji. Jumlah siswa kelas IVA adalah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh persentase 53,65% dan pada siklus II memperoleh persentase 87,78%. Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 52,38% dan pada siklus II memperoleh persentase 80,96%. Persentase rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu permainan lingkaran ilmu dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA di kelas IVA SDN 3 Pageraji

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, SAVI, Permainan Lingkaran Ilmu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 00:29
Last Modified: 14 Sep 2017 00:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4076

Actions (login required)

View Item View Item