PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS IV MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

FADHILA, ANNISA (2017) PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS IV MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANNISA FADHILA COVER.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANNISA FADHILA BAB I.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANNISA FADHILA BAB II.pdf

Download (918kB) | Preview
[img] Text
ANNISA FADHILA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
ANNISA FADHILA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
ANNISA FADHILA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
ANNISA FADHILA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
ANNISA FADHILA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MI Istiqomah Sambas Purbalingga kelas IV. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data deskriptif berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Langkahlangkah analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bentuk pengelolaan kelas pada pembelajaran SKI di MI Istiqomah Sambas sebagai berikut: Unsur-unsur pengelolaan kelas yang digunakan adalah unsur preventif adalah ketrampilan guru dalam mengelola kelas yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dan unsur represif adalah ketrampilan guru untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal. Pendekatan pengelolaan kelas nya adalah: a. Pendekatan Otoriter, b. Pendekatan Intimidasi, c. Pendekatan Permisif, d. Pendekatan Kehangatan dan Keantusiasan, e. Berbagai Variasi. Pelaksanaan pengelolaan kelas pada kelas IV MI Istiqomah Sambas sebagai berikut: a. Memusatkan perhatian peserta didik sebelum dimulaih pelajaran, b. Memberikan perhatian, c. Guru memberikan motivasi, d. memulaih menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan-pendekatan pengelolaan kelas yang bervariasi, e. Guru memberikan petunjuk atau instruksi yang jelas, f. Menegur. Apabila terjadi tingkah laku siswa yang mengganggu siswa yang lain dalam kelas, g. Guru menganalisa, mengklasifikasikan dan mendefinisikan tingkah laku peserta didik yang mengganggu, h. Guru memecahkan masalah yang timbul dari siswa yang menyebabkan kondisi kelas tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas, unsur pengelolaan kelas, pendekatan pengelolaan kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 13 Sep 2017 06:55
Last Modified: 13 Sep 2017 06:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item