PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

NISA, ZAENIFA MUFLIHATUN (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf

Download (916kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ZAENIFA MUFLIHATUN NISA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena keingintahuan peneliti tentang pengaruh media pembelajaran berbasis adobe flash terhadap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa di SD Negeri 1 Karanglewas Lor. Kurang optimalnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa menumbuhkan kecemasan bagi guru. Salah satu alternatif penyelesaian masalah tersebut adalah dengan penggunaan media pembelajaran berbasis adobe flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis adobe flash subtema manusia dan lingkungan terhadap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Karanglewas Lor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimen dengan desain Nonequivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Karanglewas Lor sebanyak 54 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 27 siswa dan siswa kelas VB sebanyak 27 siswa, selanjutnya sampel tersebut ditentukan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian pada hipotesis pertama diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,27 ≥ 1,6747 atau nilai signifikansi sebesar 0,023 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian H0 ditolak, sedangkan hasil penelitian pada hipotesis kedua diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,74 ≥ 1,6747 atau nilai signifikansi sebesar 0,011 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis adobe flash subtema manusia dan lingkungan terhadap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M. Si., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Sep 2017 01:22
Last Modified: 13 Sep 2017 01:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item