PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING (TARI BAMBU) DI KELAS IV SDN AJIBARANG KULON

MENTARI, KATRIN SEPTIA (2017) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING (TARI BAMBU) DI KELAS IV SDN AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
BAB IV_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Ajibarang Kulon. Pentingnya kerja keras dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran IPS. Kurangnya kerja keras siswa dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran menyebabkan prestasi belajar juga rendah. Siswa yang cenderung pasif dan kurang bekerja keras mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas dan soal evaluasi yang diberikan guru. Siswa yang bersungguh-sungguh dalam belajar dan bekerja keras dapat menyelesaikan tugas dengan baik akan memperoleh prestasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukan peneliti dalam dua siklus. Tahapan pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Ajibarang Kulon yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data pada sikap kerja keras menggunakan angket dan lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan pengumpulan data prestasi belajar siswa menggunakan lembar evaluasi yang dilaksanakan pada tiap pertemuan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kerja keras siswa siklus I memperoleh rata-rata klasikal sebesar 2,89 dengan kriteria baik dan kerja keras siswa pada siklus II memperoleh rata-rata klasikal sebesar 3,62 dengan kriteria sangat baik, dengan demikian kerja keras siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Peningkatan ini ditandai dengan siswa sudah mulai bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran IPS. Hasil perolehan prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 70,38 dengan persentase ketuntasan belajar 67% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 80,2 dengan persentase ketuntasan belajar 83% dengan kriteria baik, prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan model kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu) dapat meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN Ajibarang kulon

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kerja Keras Siswa, Prestasi Belajar siswa, Mata Pelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu).
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Sep 2017 01:14
Last Modified: 13 Sep 2017 01:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item