ANALISIS PERANGKAT EVALUASI MATEMATIKA KURIKULUM 2006 PADA SEMESTER GASAL KELAS V SEKOLAH DASAR

DEWI, FRESI KUSUMA (2017) ANALISIS PERANGKAT EVALUASI MATEMATIKA KURIKULUM 2006 PADA SEMESTER GASAL KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
BAB III_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
BAB V_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Perencanaan yang baik dapat dinilai melalui evaluasi berupa analisis butir soal. Berdasarkan data awal penelitian diperoleh informasi bahwa soal untuk evaluasi telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perangkat evaluasi matematika semester gasal kelas V di SD ditinjau dari validitasisi, jenjang ranah kognitif dan analisis butir soal yang mencakup validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa soal-soal dan lembar jawaban siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar telaah soal. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif ditinjau dari validitas isi dan analisis kuantitatif ditinjau dari validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ditinjau dari validitas isi 100% tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif yang terukur pada soal ulangan harian 5 (100%) soal berkategori menerapkan (C3). Soal Ulangan Tengah Semester (UTS) memiliki yang terdiri 30 soal memiliki 1 (3,3%) soal berkategori mengingat (C1), 6 (20%) soal berkategori memahami (C2) dan 23 (76,7%) soal berkategori menerapkan (C3). Soal UAS mata pelajaran matematika kelas V SD yang terdiri 40 soal memiliki 3 (7,5%) soal berkategori mengingat (C1), 5 (12,5%) soal berkategori memahami (C2) dan 32 (80%) soal berkategori menerapkan (C3). Kualitas perangkat evaluasi matematika semester gasal kelas V di SD ditinjau dari aspek validitas yang rendah, reliabilitas yang rendah, tingkat kesukaran soal berkategorimudah, dan daya beda soal berkategori jelek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Lia Mareza, M.A.
Uncontrolled Keywords: analisis, butir soal, perangkat evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Sep 2017 01:08
Last Modified: 13 Sep 2017 01:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4032

Actions (login required)

View Item View Item