PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

SAPUTRO, DWIKY ASHARI (2017) PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB IV_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
BAB V_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter Islami dalam membentuk kepribadian di SDM Purwokerto, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pendidikan karakter Islami di SDM Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SDM Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter Islami memiliki beberapa penerapan dalam menanamkan karakter dan kepribadian siswa. Penerapan yang dilakukan sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami yaitu melalui kegiatan pembelajaran, bimbingan, kegiatan spontan, keteladanan, dan pembiasaan. Beberapa penerapan tersebut terdapat nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan pada siswa yaitu religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Pelaksanaan pendidikan karakter Islami di SDM Purwokerto juga terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam pelaksanaan karakter Islami yaitu; 1) adanya beberapa guru yang mau membantu dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami, 2) adanya beberapa ustad yang membantu dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami, 3) adanya pertemuan orang tua/wali murid yang mau membantu dan mendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami. Pelaksanaan pendidikan karakter Islami juga memiliki faktor penghambat yaitu; 1) masih ada siswa yang datang terlambat, 2) siswa terkadang lupa membawa iqro/Al-Qur’an sendiri, 3) faktor lingkungan tempat tinggal yang masih kurang kondusif sangat mempengaruhi karakter siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter Islami, kepribadian siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Sep 2017 00:58
Last Modified: 13 Sep 2017 00:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item