PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI PANGEBATAN

MAROAH, AZMI DIAN (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI PANGEBATAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB IV_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi rendahnya sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Pangebatan. Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Rendahnya sikap rasa ingin tahu siswa ditandai dengan siswa kurang berani berpendapat dan siswa belum berusaha mengetahui sesuatu dengan bertanya atau membaca serta kurang merespon pada saat pembelajaran, sedangkan rendahnya prestasi belajar siswa ditandai dengan rata-rata nilai yang masih dibawah KKM. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantu media film dokumenter. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan seiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Obyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pangebatan yang berjumlah 36 siswa yang terdiri 19 siswa putra dan 17 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/ evaluasi, lembar observasi untuk aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar angket rasa ingin tahu yang diberikan setiap akhir siklus serta dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila ketuntasan secara klasikal >80%. Hasil penelitian menunjukkan model Make A Match dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya sikap rasa ingin tahu diperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik pada siklus I dan meningkat menjadi 4,28 dengan kriteria rasa ingin tahu siswa sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penilaian prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 70,94 dengan ketuntasan belajar 75% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 83,28 dengan ketuntasan belajar 91,67%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Sep 2017 00:30
Last Modified: 13 Sep 2017 00:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4027

Actions (login required)

View Item View Item