UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MELALUI FIELD TRIP DI KELAS IV SD N 2 WONOYOSO

NUGROHO, ARIF DWI (2017) UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MELALUI FIELD TRIP DI KELAS IV SD N 2 WONOYOSO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD N 2 Wonoyoso terkait mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV. Permasalahan yang mucul dalam kelas adalah rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa. Motivasi belajar yang rendah akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Faktor penyebabnya antara lain siswa merasa bosan dan kurang tertarik karena kurangnya variasi model pembelajaran, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, keaktifan siswa rendah. Motivasi yang rendah akan berdampak pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu tidak mencapai ketuntasan belajar yang maksimal. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD N 2 Wonoyoso memperoleh hasil yang kurang baik. KKM yang diterapkan dalam mata pelajaran IPS yaitu 75, dilihat dari hasil UTS siswa tahun ajaran 2016/2017 masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Peneliti mencoba melakukan upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation melalui Field Trip. Subjek Penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa serta angket motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu Rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I motivasi siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,8 dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat baik. Hasil tes evaluasi menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Prestasi belajar pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 68,50 dengan presentase ketuntasan klasikal 43,75% dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 87,41 dengan presentase ketuntasan klasikal 91,66%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Group Invertigation melalui Field Trip dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN 2Wonoyoso Kecamatan Kuwarasan, Kebumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn, M.A.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation melalui Field Trip
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Sep 2017 00:18
Last Modified: 13 Sep 2017 00:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item