PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA - TEKI SILANG MATERI SIMETRI MEL ALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

SUNJA,, NONI DWI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA - TEKI SILANG MATERI SIMETRI MEL ALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media merupakan salah satu komponen penunjang proses pembelajaran, namun media yang digunakan saat ini dinilai kurang optimal dan kebanyakan hanya berpusat pada guru, untuk itu pen eliti mengembangkan media Teka - Teki Silang disertai pendekatan saintifik menggunakan model Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk : 1) mengetahui penggunaan media pembelajaran di SD sebelum dilakukan pengembangan, 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran teka - teki silang , 3) mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran teka - teki silang , 4) mengetahui penilaian guru terhadap pengembangan media pembelajaran teka - teki silang , 5) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran teka - teki silang , 6) mengetahui pengaruh pengembangan media pembelajaran teka - teki silang materi mengidentifikasi benda - benda dan bangun datar simetris di kelas IV di SD. Populasi yang digunakan sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 26 siswa kelas IVa dan 26 siswa kelas IVb S D N Sidanegara 3 di UPK Cilacap. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ( pre test, post test ) dan non tes yaitu angket validasi ahli, angket respon penilaian guru, angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggun aan media pembelajaran di SD N Sidanegara 3 masih kurang optimal, 2) pengembangan media pembelajaran teka - teki silang dan pendekatan saintifik cukup menarik sehingga dapat memotivasi siswa, 3) media pembelajaran teka - teki silang dinyatakan valid oleh dua validator media, 4) penilaian guru sangat baik terhadap pengembangan media pembelajaran teka - teki silang, 5) respon siswa positif terhadap pengembangan media pembelajaran teka - teki silang , 6) pengembangan media pembelajaran teka - teki silang materi mengidentifikasi benda - benda dan bangun datar simetris berpengaruh baik terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran matematika, teka - teki silang , pendekatan saintifik, materi mengidentifikasi benda - benda dan bangun datar simetris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:40
Last Modified: 12 Sep 2017 12:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4022

Actions (login required)

View Item View Item