PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 2 CIPAKU

WIDODO,, MUGI (2017) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 2 CIPAKU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mempengaruhi percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipaku pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Grup Pre tes – Pos tes Desain. Subyek penelitian adalah siswa IV SD Negeri 2 Cipaku tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A yang berjumlah 27 siswa dan kelas IV B berjumlah 27 siswa. Kelas IV A dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dijadikan sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data prestasi belajar siswa menggunakan pre tes dan pos tes dengan bentuk uraian yang berjumlah 5 soal, sedangkan pengumpulan data sikap percaya diri siswa dilakukan melalui tehnik angket. Data yang telah diperoleh dianalisis untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hipotesis yang diajukan sebelum dan setelahnya dilakukan penelitian mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar dan percaya diri pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 2 Cipaku. Kelas IV A (kelompok eksperimen) dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), sedangkan kelas IV B (kelompok kontrol) dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan Non- Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil perhitunganuji t gaint skor prestasi belajar kelompok eksperimen menunjukan bahwa < , atau 0,961 < 11,070 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, Hasil perhitungan uji t gain skor percaya diri menunjukan bahwa < , atau 0,961 <11,070 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh pada prestasi belajar dan percaya diri siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Cipaku. Adanya pengaruh dibuktika n oleh hasil penelitian pada uji hipotesis menunjukan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamudjo, M.M., M.Pd dan Arifin Muslim M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), percaya diri, prestasi belajar, IPS, perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:27
Last Modified: 12 Sep 2017 12:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item