UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTs PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS

GHOZALI,, HAMZAH ABDURAHMAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTs PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe take and give yang diharapkan pembelajaran akan menjadi lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga akan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pene litian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari lima tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi , evaluasi dan refleksi. Ke lima tahapan tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian dimana se tiap siklus difokuskan menggunakan langkah langkah pembelaj aran kooperatif tipe take and give . Penelitian ini dilaksanakan di MTs PPPI Miftahussalam Banyumas Kecamatan Kejawar Kabupaten Banyumas dengan subjek penelitian yaitu kelas VII A . Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran take and g ive telah berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segitiga dan segiempat . Hal ini dibuktikan pada hasil penilaian kemampuan pemahaman konsep melalui tes evaluasi pada setiap akhir siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I diperoleh nilai rata - rata pemahaman kosep siswa sebesar 55,16 dengan kriteria cukup, pada siklus II sebesar 58,93 dengan kriteria cukup dan pada silkus III diperoleh sebesar 71,43 dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa khusus nya pada kelas VII MTs PP PI Miftahussalam Banyumas pada materi segitiga dan segiempat .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Lukmanul Akhsani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa , aktivitas guru, pemahaman konsep, model kooperatif tipe take and give
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:21
Last Modified: 12 Sep 2017 12:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item View Item