DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TAMBAK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

PERMATASARI,, FENIA (2017) DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TAMBAK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipkan (1) kesulitan belajar yang ditunjukkan dari proses pembelajaran matematika dan ( 2) kesulitan belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil belajar matematika (THB) siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tambak. Sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori prestasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Penggumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) kelompok rendah cenderung kesulitan dalam memahami soal dan mengerjakan soalnya, dalam proses belajar juga subjek dengan kelompok rendah memiliki masalah yang sangat beragam dibandingkan dengan subjek dengan kelompok sedang atau tinggi, (2) kelompok sedang cenderung melakukan kesalahan karena kurang teliti dalam membaca soal maupun menghitung soal, untuk kesalahan pada proses belajar, sebenarnya subjek dengan kelompok sedang mempunyai kemampuan yang setara dengan subjek dengan kelompok tinggi hanya saja subjek kelompok rendah cenderung malas dalam mengikuti pembelajaran, (3) kelompok tinggi mampu memahami materi dengan baik dan dapat mengerjakan soal dengan tepat, selain itu untuk kesulitan pada proses belajar subjek tidak mengalami kesulitan yang berarti karena mampu mengikuti pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Bangun Ruang Sisi Datar, SMP Muhammadiyah Tambak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:14
Last Modified: 12 Sep 2017 12:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item