UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN SFAE DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING KELAS VIII A SMP NEGERI 7 PURWOKETO

SETIAWATI,, EVAH YULI (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN SFAE DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING KELAS VIII A SMP NEGERI 7 PURWOKETO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa k elas VIII A SMP Negeri 7 Purwokerto melalui pembelajaran SFAE dengan strategi problem solving. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Purwokerto yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di lakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan mas alah matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, agket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembelajaran SFAE dengan strateg i problem solving dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Purwokerto, yakni: (1) Persentase rata - rata angket motivasi belajar secara keseluruhan, dari 61,71% pada akhir siklus 1 dengan kriteria sedang menjadi 68,10% pada akhir siklus 2 dengan kriteri sedang serta pada akhir siklus 3 menjadi 76,03% dengan kriteria tinggi. (2) Persentase rata - rata tes siswa untuk kemampuan pemecahan masalah pada siklus 1 sebesar 35,21% dengan katagori re ndah menjadi 53,20% pada akhir siklus 2 dengan katagori cukup dan pada akhir siklus 3 menjadi 79,61% dengan katagori tinggi. Persentase rata - rata tes siswa untuk tiap indikator kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, y aitu: (a) Kemampuan memahami masalah sebesar 99,28%,(b) Kemampuan membuat rencana sebesar 81,45% (c) Kemampuan melaksanakan rencana sebesar 71,94%, (d) Kemampuan memeriksa kembali sebesar 65,05%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Wanda Nugroho Yanuarto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pemecahan Masalah, Problem Solving, Student Facilitator And Explaining ,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:04
Last Modified: 12 Sep 2017 12:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item