UJI EFEKTIVITAS LARVASIDA EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP MORTALITAS ULAT TRITIP(Plutella xylostella) PADA TANAMAN KUBIS

SHOLIHATI, HIDAYATUN (2015) UJI EFEKTIVITAS LARVASIDA EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP MORTALITAS ULAT TRITIP(Plutella xylostella) PADA TANAMAN KUBIS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - BAB I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
HIDAYATUN SHOLIHATI - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kubis merupakan salah satu bahan sayuran yang banyak dibudidayakan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Dalam budidaya tanaman kubis, terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi oleh petani seperti serangan hama. Salah satu hama yang ditemukan pada tanaman kubis adalah ulat tritip (Plutella xylostella). Serangan ulat tritipdapat mengakibatkan kerugian hingga mencapai 50-100%. Cara pengendalian yang sering dilakukan oleh para petani yaitu menggunakan pestisida sintetis. Namun, penggunaan pestisida sintetis banyak menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, penggunaan pestisida sintetis perlu digantikan dengan pestisida nabati yang lebih murah dan aman. Daun belimbing wuluh merupakan salah satu tanaman yang berpotensi sebagai perstisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar ekstrak daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) yang efektif dalam mematikan ulat tritip. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Botani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Laboratorium Biologi Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada bulan April-Agustus 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan rancangan penelitiannya adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang dicobakan adalah konsentrasi ekstrak daun belimbing wuluh yaitu 10%, 20%, 30% 40% dan 50% dengan 4 kali ulangan pada setiap konsentrasi tersebut. Kontrol yang digunakan ada 2 macam yaitu kontrol positif (menggunakan pestisida sintetis dengan dosis sesuai dengan yang tertera dikemasan) dan kontrol negatif (tanpa perlakuan). Parameter yang diamati adalah jumlah kematian ulat tritip dalam jeda waktu 1, 3, 6, 12, 24, 48, dan 72 jam. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak daun belimbing wuluh terendah yang efektivitasnya setara dengan pestisida prevathon adalah konsentrasi 20%. Namun, ditinjau dari segi ekonomi, pembuatan ekstrak daun belimbing wuluh memerlukan biaya yang banyak dan belum layak untuk diaplikasikan oleh petani.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dini Siswani Mulia, S.Pi.,M.Si dan Drs. Arief Husin, M.Si
Uncontrolled Keywords: ekstrak, daun belimbing wuluh, ulat tritip, pestisida nabati
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:31
Last Modified: 16 Jan 2017 01:31
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item