UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KOMUNIKATIF DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V MIM KARANGLO

UTAMI, TRI SETYA (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KOMUNIKATIF DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS V MIM KARANGLO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI SETYA UTAMI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI SETYA UTAMI BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI SETYA UTAMI BAB II.pdf

Download (921kB) | Preview
[img] Text
TRI SETYA UTAMI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
TRI SETYA UTAMI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TRI SETYA UTAMI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
TRI SETYA UTAMI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
TRI SETYA UTAMI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Sikap komunikatif siswa di kelas V MIM Karanglo masih rendah, Hal tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang tidak akrab antara siswa dengan siswa lainnya dan siswa dengan guru terutama saat berkomunikasi di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap komunikatif dan prestasi belajar Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIM Karanglo sejumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar skala sikap untuk memperoleh data tentang sikap komunikatif, dan hasil evaluasi tes siswa untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sikap komunikatif dan prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada lembar skala sikap komunikatif mengalami peningkatan dari siklus I yang mencapai rata-rata klasikal 2,48 dengan kriteria cukup baik, kemudian pada siklus II diperoleh rata-rata klasikal 3,23 dengan kriterian baik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada setiap pertemuan kedua terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu pada pertemuan kedua siklus I diperoleh rata-rata 76,60 dan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 64,28% dengan jumlah siswa tuntas 18 siswa, sedangkan pada siklus II pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata 80,17 dan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 85,71% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan tidak tuntas 4 siswa. Kesimpulannya bahwa pembelajaran model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan Sikap Komunikatif dan Prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Laporan Pengamatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D. dan Cici Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap komunikatif, prestasi belajar, model kooperatif tipe two stay two stray, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:36
Last Modified: 11 Sep 2017 03:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item View Item