PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL SIMULASI SOSIAL

PRIASTINDANI,, NIKEN (2017) PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL SIMULASI SOSIAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kondisi siswa yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan rendahnya nilai akademik yang dibuktikan dengan masih 11 anak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena mata pelajaran PKn materinya terlalu banyak dan siswa menyepelekannya. Sikap toleransi yang dimiliki siswa juga masih rendah dibuktikan dengan hasil observasi yang telah dilakukan di MI Muhammadiyah Panambangan. Hasil observasi tersebut membuktikan bahwa rendahnya rasa menghormati baik perbedaan pendapat maupun kebudayaan, siswa hanya mau berteman dengan anak yang disukai saja, dan rendahnya sikap menghargai serta menghormati teman ketika berpendapat. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Muhammadiyah Panambangan yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 8 putra dan 9 putri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan sikap toleransi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui Model Simulasi Sosial. Peneliti memilih model simulasi sosial karena model simulasi sosial dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, adanya interaksi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, dan siswa dapat memaknai pesan moral yang terdapat dalam proses simulasi sosial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes/evaluasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket sikap toleransi. Indikator dalam penelitian ini yaitu persentase minimal ketuntasan prestasi belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai 80%, sedangkan peningkatan sikap toletansi siswa sekurang-kurangnya mencapai kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran simulasi sosial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 70,76 dengan persentase ketuntasan 52,94%. Nilai rata-rata siklus II yaitu 82 dengan persentase ketuntasan 88,23%. Hasil penilaian sikap toleransi siswa melalui observasi diperoleh skor pada siklus I dengan ratarata 2,25 termasuk dalam kategori cukup. Hasil pada siklus II diperoleh rata-rata 2,92 termasuk dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani. M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,M.A,
Uncontrolled Keywords: Sikap Toleransi, Prestasi Belajar,PKn, Model Simulasi Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:14
Last Modified: 11 Sep 2017 03:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item