PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE SUBTEMA KETAMPAKAN RUPA BUMI TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 RANCAMAYA

OKTAVIANA, DINA (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE SUBTEMA KETAMPAKAN RUPA BUMI TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 RANCAMAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
DINA OKTAVIANA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
DINA OKTAVIANA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
DINA OKTAVIANA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
DINA OKTAVIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan lebih ditekankan pada kurangya pemanfaatan media, sikap partisipasi siswa dan nilai siswa di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap partisipasi dan prestasi belajar siswa di kelas III SD Negeri 1 Rancamaya. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Rancamaya tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 48 siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri 1 Rancamaya dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian eksperimen dilakukan menggunakan metode Quasi Eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent control group design (pengambilan sampel non-randomly assignment). Hal ini didasarkan karena tidak semua variable yang mucul dalam kondisi eksperimen dapat diatur da dikotrol secara ketat. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur partisipasi siswa yaitu angket, sedangkan prestasi belajar siswa diukur menggunakan post test. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) analisis hasil partisipasi diperoleh t hitung≥t tabel atau 1,917 >1,67866; (2) Analisis hasil prestasi belajar diperoleh thitung≥t tabel atau2,106≥ 1,67866. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peggunaan media puzzle terhadap partisipasi dan prestasi belajar subtema ketampakan rupa bumi di kelas III SD Negeri 1 Rancamaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media puzzle lebih berpengaruh dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran tanpa media.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle; Partisipasi; Prestasi Belajar; Pembelajaran Tematik;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Sep 2017 07:53
Last Modified: 09 Sep 2017 07:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item