KEPUASAN KONSUMEN DALAM PELAYANAN SWAMEDIKASI APOTEKER DENGAN PENERAPAN ASMETHOD DI APOTEK WILAYAH KOTA PURWOKERTO

PRASETYO, BELLA NADIA (2017) KEPUASAN KONSUMEN DALAM PELAYANAN SWAMEDIKASI APOTEKER DENGAN PENERAPAN ASMETHOD DI APOTEK WILAYAH KOTA PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BELLA NADIA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BELLA NADIA BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BELLA NADIA BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
BELLA NADIA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BELLA NADIA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BELLA NADIA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img]
Preview
Text
BELLA NADIA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
BELLA NADIA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sejalan dengan meningkatnya pendidikan, pengetahuan masyarakat serta kemudahan memperoleh informasi, dan tingginya biaya perawatan kesehatan, masyarakat semakin terdorong untuk melakukan pengobatan sendiri dengan obat – obatan bebas. Hasil survei Departemen Kesehatan Republik Indonesia di 3 kota besar menunjukkan 60,9% orang yang sakit melakukan pengobatan sendiri (swamedikasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi Apoteker dengan penerapan ASMETHOD yang meliputi age, self/someone else, medication, extra medication, time symptoms, history, other accompanying symptoms, dager symptoms. Pada penelitian ini menggunakan metode deskripstif dengan teknik accidental sampling, responden yang sedang berkunjung ke apotek dan telah diberikan pelayanan swamedikasi dengan penerapan ASMETHOD oleh apoteker. Penelitian dengan total sampel 101 responden pengumpulan data dengan cara pemberian kuesioner. Hasil penelitian diperoleh dimensi reliability merupakan dimensi dengan tingkat kepuasan tertinggi, kemudian disusul dimensi assurance dan dimensi tangibles memiliki tingkat kepuasan yang baik . Sedangkan pada dimensi emphaty (25,7%) konsumen merasa tidak puas dan pada dimensi responsiveness (29,7%) konsumen merasa tidak puas. Tingkat kepuasan konsumen dalam pelayanan swamedikasi apoteker dengan penerapan ASMETHOD di apotek wilayah kota Purwokerto mendapat predikat puas dengan persentase sebesar 87,1% . Sehingga metode ASMETHOD ini dapat diterapkan dalam pelayanan swamedikasi di apotek untuk menentukan patient assessment sebelum memberikan rekomendasi terapi untuk konsumen apotek

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Githa Fungie Galistiani, M.Sc., Apt. dan Much Ilham N Aji Wibowo, MPH., Apt
Uncontrolled Keywords: Kepuasan; Konsumen; Apoteker; ASMETHOD; Apotek;
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Sep 2017 01:47
Last Modified: 09 Sep 2017 01:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item