PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI PANAMBANGAN

PRATOMO, ARIF NUR (2017) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI PANAMBANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARIF NUR COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIF NUR BAB I.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIF NUR BAB II.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
ARIF NUR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
ARIF NUR BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
ARIF NUR BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img]
Preview
Text
ARIF NUR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
ARIR NUR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Data Progress International Reading Literacy Study (PIRLS) tahun 2011 yang mengevaluasi kemampuan membaca siswa kelas IV sekolah dasar menempatkan Indonesia pada peringkat ke-45 dari 48 negara peserta dengan skor 428, dibawah nilai rata-rata 500 (IEA, 2012). Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan gerakan literasi sekolah. Gerakan literasi sekolah dilakukan dengan kegiatan membaca buku fiksi selama 15-20 menit sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah di SD Negeri Panambangan; 2) mengetahui peran guru dalam penerapan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Panambangan; 3) mengatahui faktor dalam penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah di SD Negeri Panambangan; dan 4) mengetahui upaya mengatasi hambatan dalam penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah di SD Negeri Panambangan. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data adalah Reduksi data (Data reduction), Data display (penyajian data), dan Conclusion Drawing and Verification. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang telah dilakukan di SD N Panambangan adalah: 1) penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah di SD Negeri Panambangan dapat membantu guru khususnya pada keterampilan membaca dan menulis, dapat meningkatkan minat baca siswa, dan dapat membentuk karakter gemar membaca pada siswa; 2) peran guru sangat penting dalam membentuk karakter gemar membaca pada siswa; 3) faktor penghambat dalam dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada Hari Senin dan Sabtu tidak berjalan pada jam pertama, dan kurangnya buku bahan bacaan; dan 4) upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada Hari Senin dan Sabtu dilaksanakan diakhir pembelajaran, pihak sekolah menambahkan bahan baca buku dengan cara mengalokasikan dana BOS sebesar 5% untuk memenuhi minat baca siswa. Simpulan penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah yaitu: 1) gerakan literasi sekolah dapat meningkatkan minat baca siswa dan dapat membentuk karakter gemar membaca; 2) peran guru sangat penting dalam membentuk karakter gemar membaca siswa; 3) mengetahui faktor penghambat penerapan pendidikan karakter gemar membaca; dan 4) mengetahui upaya mengatasi faktor penghambat penerapan pendidikan karakter gemar membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Gemar Membaca; Gerakan Literasi Sekolah; Pendidikan Karakter;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Sep 2017 01:10
Last Modified: 09 Sep 2017 01:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3930

Actions (login required)

View Item View Item