UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGGUDE

NUGROHO, WILDAN ABDI (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGGUDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text
BAB III_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
BAB IV_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf

Download (768kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan karena siswa kurang termotivasi dalam belajar IPS, siswa kesulitan memahami materi yang jumlahnya banyak, kurangnya partisipasi dalam pembelajaran, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research pada mata pelajaran IPS materi teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa yang ditunjukkan pada kemampuan dasar atau prestasi belajar siswa. Teknik non tes digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan ranah afektif. Teknik tersebut antara lain observasi, angket, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantu media TTS yang diterapkan dalam pembelajaran IPS. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa disetiap siklus. Siklus I diperoleh jumlah sebesar 78,6 dengan presentase sebesar 78,6% dan masuk dalam kriteria baik, pada siklus II diperoleh jumlah sebesar 90,27 dengan presentase sebesar 90,27% dan masuk dalam kriteria sangat baik. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 71,5 dengan ketuntasan belajar siklus I sebesar 56,65%. Pada siklus II diperoleh rata-rata 81,37 dengan kentuntasan belajar siklus II sebesar 81,04%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo M.M, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: motivasi; prestasi belajar; snowball throwing; dan TTS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:57
Last Modified: 08 Sep 2017 04:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3919

Actions (login required)

View Item View Item