UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE SYNERGETIC TEACHING PADA MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI KARANG PULE PURBALINGGA

APRIYANI,, IKA MAHFIROH (2017) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE SYNERGETIC TEACHING PADA MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI KARANG PULE PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran PKn materi globalisasi menggunakan strategi belajar Synergetic Teaching. Rendahnya sikap disiplin dan prestasi belajar peserta didik dalam proses pembelajran PKn, rendahnya sikap disiplin dibuktikan masih adanya peserta didik yang bermain dalam proses pembelajaran PKn, sementara rendahnya prestasi belajar peserta didik dibuktikan dengan adanya peserta didik yang nilainya di bawah nilai minimal kentuntasan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Karang Pule yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan meliputi : perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa soal evaluasi yang diberikan pada akhir pembelajran setiap pertemuan kepada peserta didik untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik . Skala sikap disiplin digunakan untuk mengukur tingkat sikap disiplin peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahawa sikap disiplin dan prestasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Karang Pule mengalami peningkatan setalah menerapkan stragei belajar Synergetic Teaching pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sikap disiplin dan pengingkatan rata-rata niali hasil belajar peserta didik pata setiap siklusnya. Sikap disiplin peserta didik berdasarkan angket menunjukan terjadinya peningkatan dari siklus I dengan jumlah skor 710 dan skor rata-rata 3,48 yang tergolong kriteria baik, sedangkan pada siklus II dengan skor 807 dan skor rata-rata 3,88 dengan kriteria baik. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dibuktikan dari perolehan rata-rata nilai pada siklus II lebih tinggi dari siklus I. Rata-rata perolehan nilai siklus I 50,18 prosentase ketuntasan 35,29% dengan ktriteria kurang sekali, perolehan rata-rata niali siklus II 85,88 prosentase ketuntasan 88,29% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Synergetic Teaching dapat meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar PKn materi globalisasi kelas IV SD Negeri Karang Pule.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Sri Harmianto, M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: disiplin, prestasi belajar, pendidikan kewarganegaraan, Synergetic Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Sep 2017 06:04
Last Modified: 08 Sep 2017 06:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item