PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI LOCONDONG

AMALIA,, FARALITA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI LOCONDONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan lebih menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center), sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Locondong. Model pembelajaran Advance Organizer merupakan cara belajar memperoleh pengetahuan baru yang dikaitkan dengan pengetahuan yang telah ada pada pembelajaran. Kelebihan dari model pembelajaran Advance Organizer, yaitu melatih siswa dalam meningkatkan keterampilannya dalam berdiskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Locondong, sedangkan sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VB berjumlah 28 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VA berjumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur sikap percaya diri siswa yaitu angket dan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan tes tertulis pada akhir pembelajaran (post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis sikap percaya diri diperoleh Sig. < α atau 0,002 < 0,05, sedangkan hasil penelitian pada prestasi belajar siswa diperoleh Sig. < α atau 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Locondong.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Advance Organizer, Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:03
Last Modified: 08 Sep 2017 03:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3905

Actions (login required)

View Item View Item