PENGARUH INTENSITAS MEMPELAJARI AL QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH LEBAKSIU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BAHRIZAL, NUR (2016) PENGARUH INTENSITAS MEMPELAJARI AL QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH LEBAKSIU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text
BAB III_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_NUR BAHRIZAL_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya pengaruh intensitas mempelajari al qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Lebaksiu semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Lebaksiu Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil peneltian menunjukkan bahwa intensitas mempelajari Al Qur’an kategori sangat baik mencapai 14,28%, kategori baik 50%, kategori sedang 28,57% dan kategori kurang 7,14%. Sedangkan kecerdasan emosional kategori sangat baik mencapai 7,14%, kategori baik 39,28%, kategori sedang 32,14% dan kategori kurang 21,42%. Dari data yang dikumpulkan dan dihitung dengan menggunakan rumus product moment, maka peneliti menyimpulkan bahwa intensitas mempelajari Al Qur’an memeiliki pengaruh terhadap kecerdasan emosional dengan kategori cukup atau sedang yaitu nila rxy yang diperoleh 0,273<0,50>0,354 pada taraf signifikan 5% dan 1%. Ada pengaruh positif dan signifikan antara intensitas mempelajari Al Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Lebaksiu semester genap tahun pelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Intensitas Mempelajari Al Qur’an, Kecerdasan Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:11
Last Modified: 13 Jan 2017 04:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item