UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENYUSUN “PELANGI” PADA ANAK KELOMPOK B TK AISIYAH KEBANARAN KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014 / 2015

NURKHASANAH, IIN (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENYUSUN “PELANGI” PADA ANAK KELOMPOK B TK AISIYAH KEBANARAN KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL Iin.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Iin.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Iin.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text
BAB III Iin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV Iin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Iin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Iin.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN Iin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan kognitif melalui kegiatan menyusun “pelangi” merupakan kemampuan anak untuk berpikir lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah tentang warana dan bentuk geometri.serta memahami konsep menghitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan menyusun “pelangi” pada anak kelompok B TK AISIYAH Kebanaran Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subjek seluruh peserta didik kelompok B TK Aisiyah Kebanaran yang beralamat di Desa Kebanaran Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah siswa 20 anak yang terdiri dari 11 putri dan 9 putra dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara,. Tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan, masing-masing pertemuan menggunakan SKH dan pada akhir masing-masing siklus dilakukan refleksi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa penggunaan media dan kegiatan menyusun “pelangi” yang dilakukan pada upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak kegiatan menyusun “pelangi” terbukti memberikan konstribusi yang membanggakan. Pada studi awal diperoleh data jumlah anak yang Belum Berkembang sebanyak 11 anak atau 55%, Anak yang Mulai Berkembang ada 4 anak atau 20%. Anak yang Berkembang Sesuai Harapan ada 5 anak atau 25%. Sedangkan anak yang Berkembang Sangat Baik belum ada.Pada siklus I jumlah anak yang Belum Berkembang sebanyak 1 anak atau 5 %. Anak yang Mulai Berkembang ada 8 anak atau 40%. Anak yang Berkembang Sesuai Harapan ada 8 anak atau 40%. Sedangkan anak yang Berkembang Sangat Baik sebanyak 3 anak atau 15%. Sedangkan pada siklus II jumlah anak yang Belum Berkembang tidak ada. Anak yang Mulai Berkembangada 2 anak atau 10%. Anak yang Berkembang Sesuai Harapan ada 12 anak atau 60%. Sedangkan anak yang Berkembang Sangat Baik sebanyak 6 anak atau 30%. Sehinga pada akhir siklus II jumlah anak yang berhasil mencapai indikator keberhasilan ada 18 anak atau 90%. Berarti jumlah tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditargetkan yaitu ≥80%.Ada 2 anak yang mulai berkembang, ditindak lanjuti dengan menggunakan metode yang lain, sesuai contoh dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar anak .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Pudiyono, M.Hum. dan Drs. Daliman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menyusun “Pelangi”
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 18 Oct 2016 03:11
Last Modified: 18 Oct 2016 03:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item