PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBANTU MEDIA PERISKOP DI KELAS V MIM PANDANSARI

ARDI,, AZHAR UMARA (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBANTU MEDIA PERISKOP DI KELAS V MIM PANDANSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran inquiri berbantu media periskop. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam II siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, satu pertemuan terdiri dari 2x35 menit. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Pandansari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas sebanyak 22 dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 73,97 dengan persentase 56,84% tergolong dalam kriteria cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh rata-rata 79,42 dengan persentase 77,27% tergolong dalam kriteria baik. Hasil penelitian keterampilan berfikir kritis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 73,97 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 79,42 dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri berbantu media periskop dapat meningkatkan prestasi belajar dan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-siat cahaya di kelas V MIM Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berfikir Kritis, Prestasi Belajar IPA, Model Pembelajaran Inquiri, Media Periskop.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:13
Last Modified: 08 Sep 2017 02:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item