PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA “BIG BOOK” TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN TEMA “KESEHATAN” DI KELAS II SD NEGERI 1 KEDUNGBANTENG

MAHENDRA, TOTO (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA “BIG BOOK” TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN TEMA “KESEHATAN” DI KELAS II SD NEGERI 1 KEDUNGBANTENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] Text
BAB IV_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_TOTO MAHENDRA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Membaca permulaan merupakan suatu proses keterampilan dan kognitif. Kemampuan yang diperoleh pada membaca permulaan akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca lanjutan. Zuchdi dan Budiasih dalam (Sukartiningsih, 2004) menyatakan kemampuan membaca permulaan harus dimiliki anak untuk dapat membuka cakrawala pengetahuan yang lebih luas. Untuk itu, kemampuan membaca harus dipupuk sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning menggunakan media Big Book. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes. Tes yang diberikan berupa pretest dan posttest. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning menggunakan media Big Book. Kemampuan membaca permulaan dilakukan kelompok kontrol dan eksperimen pada skala terbatas yaitu dengan melibatkan 38 siswa dikelas II SD Negeri 1 Kedungbanteng. Desain eksperimen yang digunakan adalah desain Non equivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Groups Design dengan melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning menggunakan media Big Book berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan tema “kesehatan”. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil yang diperoleh ternyata, - ttabel < thitung > + ttabel, atau - 2.0280 < 3.0155 > 2.0280 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Badarudin. M.Pd
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran contextual teaching and learning, pembelajaran tematik, kemampuan membaca permulaan, media Big Book
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Sep 2017 01:58
Last Modified: 08 Sep 2017 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item