IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI LOCONDONG SEBAGAI JUARA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL

PARASWATI,, ANUGRAH (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI LOCONDONG SEBAGAI JUARA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis di lihat dari implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Locondong sebagai juara Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Upaya pengelolaan yang dilakukan yaitu membudayakan karakter peduli lingkungan sehingga menjadi kebiasaan, program dan kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun objek dari penelitian ini adalah situasi implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Locondong dilaksanakan dengan cara (1) Pengembangan kurikulum sekolah meliputi program pengembangan diri, penerapan dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin piket dan Sabtu Sehat, kegiatan spontan, keteladan, dan pengkondisian sekolah. Pengintegrasian diupayakan dalam semua mata pelajaran. Budaya sekolah melalui penyuluhan, apotek hidup, tamanisasi, ruang dan fasilitas, motivasi kepada siswa, dan pengembangan karakter peduli lingkungan, kepedulian, dan tanggungjawab. (2) Pengembangan proses pembelajaran kelas dengan praktek dan pengamatan langsung, sekolah dengan pengarahan (3) Pengembangan kesehatan sekolah meliputi, pengelolaan kantin/warung, usaha kesehatan sekolah, kegiatan lingkungan hidup, pengelolaan fasilitas sanitasi, kebersihan lingkungan, larangan dan penyuluhan bahaya rokok dengan poster serta himbauan atau ajakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, implementasi, peduli lingkungan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Sep 2017 01:45
Last Modified: 08 Sep 2017 01:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item