PELAKSANAAN PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI KRAMA INGGIL DI SISWA MI DAN SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN CILONGOK

SAPUTRO, HIDAYAT GAYUH (2017) PELAKSANAAN PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI KRAMA INGGIL DI SISWA MI DAN SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
BAB III_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB IV_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_HIDAYAT GALUH SAPUTRO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

KramaInggil yang dilakukan oleh guru, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi siswa dalam berbahsa Jawa Krama Inggil, dan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Jawa Krama Inggil. Subjek penelitian ini adalah tujuh orang guru, siswa, serta tokoh masyarakat di MI dan SD Muhammadiyah di Kecamatan Cilongok yang terdiri dari IA, KS, TM, KR, KN, NR, dan SW. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktivitas yang dilakukan untuk menganalisis data yaitu terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, guru telah melakukan pelajaran Bahasa Jawa Krama Inggil dengan melakukan pembiasaan dalam sehari-hari. Guru menggunakan metode-metode untuk mendukung berjalannya pelajaran. Kurangnya guru bidang studi Bahasa Jawa sangat mempengaruhi minimnya materi yang didapatkan oleh siswa. Kurangnya pengetahuan siswa terhadap Krama Inggil menjadi masalah yang besar yang harus diselesaikan oleh guru. Guru telah mengupayakan untuk selalu berpedoman pada kurikulum Bahasa Jawa yang ada agar tercapainya tujuan pelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan Krama Inggil, siswa cenderung lebih suka menggunakan basa Ngoko dan juga Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dari siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Pelajaran, Bahasa Jawa, Krama Inggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Sep 2017 00:48
Last Modified: 08 Sep 2017 00:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item