UPAYA MENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS IV B SD NEGERI 3 PAGERAJI

PRASETYO, SAGITA AJI (2017) UPAYA MENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI DAMPAK PENGAMBILAN BAHAN ALAM TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS IV B SD NEGERI 3 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SAGITA AJI PRASETYO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAGITA AJI PRASETYO BAB I.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAGITA AJI PRASETYO BAB II.pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text
SAGITA AJI PRASETYO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SAGITA AJI PRASETYO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SAGITA AJI PRASETYO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
SAGITA AJI PRASETYO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
SAGITA AJI PRASETYO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi dampak pengambilan bahan alam terhadap lingkungan melalui model Advance Organizer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 3 Pageraji yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes/evaluasi, skala sikap, lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model Advance Organizer dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa pada materi dampak pengambilan bahan alam terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat dibuktikan untuk rasa ingin tahu siswa ditandai dengan meningkatnya skala sikap rasa ingin tahu siswa dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh nilai persentase 72,62 % dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik dan siklus II mendapatkan nilai persentase 73,00 % dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik. Prestasi belajar siswa dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata kelas sebesar 74 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 50 % pada siklus I, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,32 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 80 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Advance Organizer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 07 Sep 2017 09:48
Last Modified: 07 Sep 2017 09:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item