HUBUNGAN ANTARA ENABLING FACTOR DAN REINFORCING FACTOR TERHADAP MINAT BEROBAT MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 2 BANJARNEGARA

SURATMAN, . (2014) HUBUNGAN ANTARA ENABLING FACTOR DAN REINFORCING FACTOR TERHADAP MINAT BEROBAT MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 2 BANJARNEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Suratman COVER.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suratman BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suratman BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
Suratman BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
Suratman BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
Suratman BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
Suratman DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
Suratman LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Puskesmas adalah sistem pelayanan kesehatan di Indonesia dilaksanakan melalui kerjasama timbal balik antara masyarakat dengan puskesmas. Minat berperilaku merupakan keyakinan, evaluasi tentang sikap dan harapan dari sesuatu yang penting terhadap perilaku seperti itu, kemudian ditimbang dengan motivasi untuk menuruti penghargaan tersebut. Tujuan : Mengetahui hubungan antara enabling faktor dan reinforcing faktor terhadap minat berobat masyarakat di wilayah kerja Puskesmas 2 Banjarnegara. Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional, jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanya 100 orang dari 6 wilayah kerja puskesmas 2 Banjarnegara. Tehnik sampel yang digunakan adalah metode propotional stratified random sampling data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan chi square Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi minat berobat masyarakat di puskesmas 2 Banjarnegara adalah sarana dan prasarana(p= 1.068; OR=0,300) sifat pelayanan (p= 0,027; OR=1.189),jarak (p=1,068; OR=0,300) biaya (p= 0,005; OR= 123), dan sikap tenaga kesehatan (p=0,041; OR=1.1670) dan persepsi masyarakat (p=0,216; OR=303) Kesimpulan : Faktor - faktor yang mempunyai pengaruh secara bermakna terhadap minat masyarakat untuk berobat kepuskesmas 2 Banjarnegara yaitu sifat pelayanan, biaya dan sikap tenaga kesehatan, sedangkan yang tidak berpengaruh adalah sarana dan prasarana, jarak, persepsi masyarakat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: Ns. Diyah Yulistika H, S.Kep.,M. Kep PEMBIMBING II: Basuki Rahmat, S.Km.,MM
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : minat, masyarakat dan puskesmas 2 Banjarnegara
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 07 Sep 2017 09:03
Last Modified: 07 Sep 2017 09:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item