EFEKTIFITAS PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTVE DISORDER)DI SLB NASIONAL DESA SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

SUGARI, PURNA NANDA (2014) EFEKTIFITAS PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTVE DISORDER)DI SLB NASIONAL DESA SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Purna Nanda Sugari COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Purna Nanda Sugari BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Purna Nanda Sugari BAB II.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
Purna Nanda Sugari BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Purna Nanda Sugari BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
Purna Nanda Sugari BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
Purna Nanda Sugari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
Purna Nanda Sugari LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

Latar belakang: ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) merupakan suatu gangguan perilaku yang ditandai dengan kurangnya perhatian, aktivitas berlebihan dan perilaku impulsif. Salah satu permasalahan yang muncul adalah pada tingkat kognitif. Salah satu terapinya menggunakan media puzzle. Manfaat permainan puzzle adalah meningkatkan ketrampilan kognitif. Tujuan: Mengetahui efektivitas permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) di SLB Nasional, Desa Sudimara, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pra eksperimen dengan one group pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak ADHD sebanyak 25 dan jumlah sampel sebanyak 25 dengan teknik total sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji paired t test. Hasil: Rata-rata umur responden 6,48 tahun dan berjenis kelamin laki-laki sebanyak 16 responden (64,0%). Nilai skor rata-rata yang diperoleh sebelum dilakukan terapi puzzle sebesar 53,20%, sedangkan nilai skor rata-rata yang diperoleh setelah dilakukan terapi puzzle sebesar 75,20%. Ada pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak ADHD dengan nilai p value 0,0001. Kesimpulan: Terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak ADHD.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: PEMBIMBING I: NS. UMI SOLIKHAH, S.Pd., M.Kep PEMBIMBING II: SODIKIN, A.Kep., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Permainanan, Puzzle, Perkembangan Kognitif, ADHD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Novia Marantika
Date Deposited: 07 Sep 2017 07:25
Last Modified: 07 Sep 2017 07:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item