PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA VIDEO KELAS V SD NEGERI 2 GUMINGSIR

ANTONO, ALIF OKTA (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA VIDEO KELAS V SD NEGERI 2 GUMINGSIR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
BAB IV_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan menggunakan metode Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Gumingsir yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes/evaluasi, skala sikap, lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Hal tersebut dapat dibuktikan untuk rasa ingin tahu siswa ditandai dengan meningkatnya skala sikap rasa ingin tahu siswa dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,96 dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik dan siklus II mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,26 dengan kriteria rasa ingin tahu siswa sangat baik. Prestasi belajar siswa dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata kelas sebesar 70,29 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 50,43% pada siklus I, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 81,05 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 80,95 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Lia Mareza, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Guided Note Taking, Prestasi Belajar, Rasa Ingin Tahu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Sep 2017 00:24
Last Modified: 06 Sep 2017 00:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item