PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN PEMBAWA ACARA MUSIK INBOX EDISI DESEMBER 2015 DI STASIUN TELEVISI SCTV

SAYEKTI, ENDANG (2016) PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN PEMBAWA ACARA MUSIK INBOX EDISI DESEMBER 2015 DI STASIUN TELEVISI SCTV. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Endang Sayekti Cover.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Endang Sayekti Bab I.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Endang Sayekti Bab II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
Endang Sayekti Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
Endang Sayekti Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] Text
Endang Sayekti Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
Endang Sayekti Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
Endang Sayekti Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dengan judul Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Kesopanan dalam Percakapan Pembawa Acara Musik Inbox Edisi Desember 2015 di Stasiun Televisi SCTV. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan dalam percakapan pembawa acara musik Inbox di Stasiun Televisi SCTV. Data penelitian ini adalah percakapan pembawa acara musik Inbox. Data percakapan pembawa acara musik Inbox tersebut, diambil dari lima episode yang berbeda: 5 Desember dengan jumlah tuturan 1.213, 6 Desember dengan jumlah tuturan 1.149, 8 Desember dengan jumlah tuturan 2015 1.153, 9 Desember dengan jumlah tuturan 779 dan 10 Desember dengan jumlah tuturan 930. Sumber data penelitian ini adalah pembawa acara musik inbox. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun tahap-tahap penelitian yaitu pertama penyediaan data, ke dua penganalisisan data, dan ke tiga penyajian analisis data. Teknik penyediaan datanya menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap. Teknik selanjutnya adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Tahap penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan metode padan referensial. Tahap penyajian dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal, yaitu perumusan hasil analisis dengan kata-kata biasa. Hasil analisis pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan yang ditemukan yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim pelaksanaan, maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Data pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan yang ditemukan dari lima episode yang berbeda yaitu 153 data. Masing-masing terbagi atas pelaggaran maksim kuantitas 4 data, pelanggaran maksim kualitas 33 data, pelanggaran maksim relevansi 12 data, pelanggaran maksim pelaksanaan 4 data, pelanggaran maksim kebijaksanaan 3 data, pelanggaran maksim kedermawanan 2 data, pelanggaran maksim penghargaan 50 data, pelanggaran maksim kesederhanaan 13 data, pelanggaran maksim permufakatan 26 data, pelanggaran maksim kesimpatian 6 data. Pelanggaran tersebut sengaja dilakukan untuk tujuan tertentu yaitu untuk menciptakan suasana humor, untuk mengisi kekosongan bahasa yang terjadi di atas panggung, supaya tidak dipojokan oleh mitra tutur, untuk segera melanjutkan acara, ingin mengetahui permasalahan atau jawaban yang ingin diungkap dan supaya lawan tutur melakukan tindakan tanpa memerintah secara langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Eko Suroso, M.Pd., dan Dra.Siti Fathonah, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan, inbox
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 12 Jan 2017 03:42
Last Modified: 12 Jan 2017 03:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item