PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 3 TIPARKIDUL

DEWI, ERFINA PUSPITA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 3 TIPARKIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ERFINA PUSPITA DEWI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB II.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img]
Preview
Text
ERFINA PUSPITA DEWI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
ERFINA PUSPITA DEWI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 3 Tiparkidul. Faktor-faktor yang mengakibatkan kurangnya rasa ingin tahu siswa yaitu karena pada saat pembelajaran matematika, siswa menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan dan sulit untuk dipelajari. Dari keseluruhan siswa di kelas hanya beberapa siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru kelas. Rendahnya prestasi belajar matematika di kelas IV SD Negeri 3 Tiparkidul dilihat dari hasil evaluasi belajar siswa, masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 3 Tiparkidul. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV B dengan jumlah siswa 28 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 25 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan lembar soal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus independent sample t-test (uji t pihak kanan). Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penemuan Terbimbing, Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:52
Last Modified: 05 Sep 2017 02:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item View Item