UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS IV SD NEGERI 1 CIKIDANG

LARASATI, ANIZ NEINA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS IV SD NEGERI 1 CIKIDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Aniz Neina Larasati_JUDUL.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aniz Neina Larasati_BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aniz Neina Larasati_BAB II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
Aniz Neina Larasati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
Aniz Neina Larasati_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
Aniz Neina Larasati_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Aniz Neina Larasati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
Aniz Neina Larasati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemandirian siswa di SD Negeri 1 Cikidang masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya kemandirian siswa pada saat proses pembelajaran ataupun dalam hal mengerjakan soal, sehingga untuk meingkatkan kemandirian siswa dan prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi menjumlahkan pecahan digunakan strategi Questions Students Have berbantu permainan ular tangga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Cikidang yang berjumlah 16 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahap kegiatan setiap siklus terdiri atas perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian angket kemandirian pada siklus I terdapat 2 siswa dengan kriteria kemandirian sangat baik, 10 siswa dengan kriteria kemandirian baik, 4 siswa dengan kriteria kemandirian cukup, serta dengan kriteria kurang dan kurang sekali tidak ada yang mendapatkannya, sedangkan pada siklus II terdapat 13 siswa dengan kriteria kemandirian sangat baik, 3 siswa dengan kriteria kemandirian baik, kriteria kemandirian cukup tidak ada yang mendapatkannya, serta kriteria kemandirian kurang dan kurang sekali tidak ada yang memperolehnya. Berdasarkan observasi aktivitas siswa rata-rata pada siklus I sebesar 3,5 dengan kriterian baik, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yaitu menjadi 4,5 dengan kriteria sangat baik, dan hasil pengamatan observasi guru rata-rata pda siklus I sebesar 2,7 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II sebesar 3,7 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 56% dan siklus II sebesar 87%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi questions students have berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika kelas IV SD Negeri 1 Cikidang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Prestasi Belajar, Strategi Questions Students Have, Permainan Ular Tangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 05 Sep 2017 01:36
Last Modified: 05 Sep 2017 01:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item