UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGTENGAH

WATI,, DWI AMBAR (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Sikap peduli lingkungan merupakan salah satu sikap yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran IPA. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara bahwa prestasi belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPA rendah, hal ini dibuktikan dari hasil Ujian Akhir Nasional (UAS) jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 13 siswa atau 56,5% dari jumlah keseluruhan yaitu 23 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model problem based learning , selain itu peneliti menggunakan media komik untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Karangtengah, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV A dengan jumlah siswa yaitu 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar angket, lembar evaluasi dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada sikap peduli lingkungan yaitu pada siklus I diperoleh rata - rat a 3,01 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,66. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 60,87% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 82,61% dengan kriteria sanga t baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: sikap peduli lingkungan, prestasi belajar, model problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:41
Last Modified: 04 Sep 2017 04:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item