PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN(POE) TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 BANTERAN

MULIA,, CAHYA DEWI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN(POE) TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 BANTERAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Kolaboratif tipe Predict Observe Explain terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV B SD Negeri 1 Banteran; (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Kolaboratif tipe Predict Observe Explain terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV B SD Negeri 1 Banteran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis eksperimen semu ( quasi eksperimen ). Design penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. P opulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Banteran. Berdasarkan purposive sampling ditetapkan kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa post test. Instrumen penelitian meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan analisis daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 21.0 menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis data kreativitas siswa diperoleh 푡 ℎ푖푡푢푛푔 ≥ 푡 푡푎푏푒푙 atau 3,713 ≥ 2,064 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil SPSS membuktikan adanya penolakan Ho dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis data prestasi belajar siswa diperoleh 푡 ℎ푖푡푢푛푔 ≥ 푡 푡푎푏푒푙 atau 6,598 ≥ 2,048; maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil SPSS menunjukkan adanya penolakan Ho dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, menyatakan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe POE terbukti memberikan pengaruh terhadap kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi kelas IV B SD Negeri 1 Banteran

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi belajar, model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:36
Last Modified: 04 Sep 2017 04:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item