PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI PEMILIHAN PENGURUS ORGANISASI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS VA SD NEGERI 1 PRIGI

ROSDIANA,, WINDIYA (2017) PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI PEMILIHAN PENGURUS ORGANISASI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS VA SD NEGERI 1 PRIGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar dan sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn materi Pemilihan Pengurus Organisasi Sekolah, melalui metode Simulasi. Hal tersebut berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi di kelas VA SD Negeri 1 Prigi. Guru menyatakan metode ceramah adalah metode yang paling sering digunakan. Padahal metode ceramah tanpa dipadukan dengan metode yang lain cenderung membuat siswa kurang berpartisipasi. Siswa cenderung pasif hanya diam mendengarkan dan mencatat penjelasan guru saja. Partisipasi belajar siswa sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar tidak hanya guru saja yang aktif. Selain itu guru juga menyatakan bahwa siswa kurang memiliki sikap yang baik dalam dirinya terutama sikap tanggung jawab, dilihat dari kebiasaan siswa yang mengerjakan tugas rumah di kelas pada pagi hari. Melihat kondisi tersebut peneliti dan guru sepakat untuk menggunakan metode Simulasi yang diharapkan mampu meminimalisir permasalahan kurangnya partisipasi belajar siswa dan sikap tagging jawab siswa. Menggunakan metode simulasi siswa dapat secara langsung berpartisipasi dan bertanggung jawab memperagakan cara Pemilihan Pengurus Organisasi Sekolah dengan urutan yang benar, dengan demikian partisipasi belajar dan sikap tanggung jawab dapat di tingkatkan melalui penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V (lima) A SD Negeri 1 Prigi, yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar angket partisipasi belajar siswa, lembar angket sikap tanggung jawab siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan kriteria partisipasi belajar dan sikap tanggung jawab siswa minimal baik. Hasil penelitian menunjukan metode Simulasi dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya skor rata-rata dari siklus I ke siklus II. Siklus I rata-rata skor siswa adalah 2,24 dengan kriteria cukup dan pada siklus II skor rata-rata siswa adalah 3,13 dengan kriteria baik. Metode Simulasi juga dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya skor rata-rata dari siklus I ke siklus II. Siklus I rata-rata skor siswa adalah 2,23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II skor rata-rata siswa adalah 3,40 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd dan Okto Wijayanti S.Pd. M.A
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, Partisipasi Belajar, PKn, Metode Simulasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:17
Last Modified: 04 Sep 2017 03:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item