UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL SAVI DENGAN ANIMASI ADOBE FLASH CS5 DI KELAS V SD IT MUHAMMADIYAH CIPETE

SAPUTRI,, TANTI WAHYU (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL SAVI DENGAN ANIMASI ADOBE FLASH CS5 DI KELAS V SD IT MUHAMMADIYAH CIPETE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia menggunakan model SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intelectual ) dengan an im asi adobe flash CS 5 di kelas V SD IT Muhammadiyah Cipete. Latar belakang penelitian ini yaitu rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia . Peneliti melakukan upaya untuk mengatasi rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model SAVI melalui animasi adobe flash CS 5 dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT Muhammadiyah Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas sebanyak 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus dan teknik nontes berupa angket rasa ingin tahu, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I nilai rata-rata rasa ingin tahu siswa mencapai 2,67 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 3,26 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai persentase ketuntasan belajar 73,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 93,33%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI dengan animasi adobe flash CS 5 dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SD IT Muhammadiyah Cipete

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar IPS, Model SAVI, Adobe Flash CS5.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Sep 2017 02:56
Last Modified: 04 Sep 2017 02:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item