PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

DWIANTI,, LUSIANA INDRA (2017) PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan pengajaran remedial pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Aspek pelaksanaan pengajaran remedial meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan, tindak lanjut dan hambatan dalam pelaksanaan pengajaran remedial. Kepala sekolah dan orang tua memiliki peran dalam pelaksanaan pengajaran remedial. Partisipan penelitian ini terdiri dari, kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum melakukan diagnosis kesulitan belajar yang sesuai dengan langkah-langkah, tetapi guru sudah mengidentifikasi kesulitan belajar matematika melalui analisis evaluasi hasil belajar. Alternatif tindakan dengan memberikan jam tambahan dan remedial. Guru jarang melakukan layanan bimbingan pada peserta didik yang berkesulitan belajar. Pengajaran remedial dilaksanakan pada jam efektif pembelajaran dan setelah kegiatan belajar mengajar selesai. Metode yang sering digunakan dalam pelaksanaan pengajaran remedial yaitu tanya jawab dan tugas. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuratif. Guru memberikan remedial ulang dan tugas untuk peserta didik yang belum tuntas. Hambatan guru dalam pelaksanaan pengajaran remedial yaitu waktu yang kurang efektif dan kemampuan peserta didik yang rendah. Kepala sekolah dan orang tua memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan pengajaran remedial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengajaran remedial, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:54
Last Modified: 04 Sep 2017 01:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item