UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY DI KELAS IV MIM PANDANSARI

ARDIYANTININGSIH,, CAHYA (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY DI KELAS IV MIM PANDANSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sikap peduli lingkungan dan kreativitas peserta didik di MI Muhammadiyah Pandansari masih tergolong rendah dibuktikan dengan kurangnya kepedulian peserta didik terhadap benda yang masih dapat didaur ulang dan dapat dimanfaatkan sebagai karya seni. Pembuatan karya seni membutuhkan kreativitas, sehingga untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kreativitas peserta didik digunakan metode outdoor study pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Pandansari yang berjumlah 11 peserta didik, yaitu 3 peserta didik perempuan dan 8 peserta didik laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setia p siklus terdiri dari dua pertemuan, tiap-tiap pertemuan meliputi perencanaan (planning) , pelaksanaan tindakan (action) , observasi (observing) , dan refleksi (reflecting) . Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi peserta didik dan guru, skala sikap peduli lingkungan untuk peserta didik, lembar observasi dan soal evaluasi kreativitas untuk mengukur kreativitas peserta didik.Hasil observasi peserta didik pada siklus I mendapatkan nilai 1,35 dan menjadi 3,71 pada siklus II, hasil angket pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 3,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,57. Hasil observasi kreativitas siklus I mendapatkan 72,15 dan pada siklus II mendapatkan 87,10, sedangkan hasil nilai rata-rata peserta didik siklus I yaitu 7,72 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 8,63.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Lia Mareza, S.Sn, M.A,
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Metode Outdoor Study, Seni Budaya dan Keterampilan, Sikap Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:05
Last Modified: 04 Sep 2017 01:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item