PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TEI-1 SMK YPT 1 PURBALINGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS

ASTUTI, TRY (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TEI-1 SMK YPT 1 PURBALINGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRY ASTUTI COVER.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRY ASTUTI BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRY ASTUTI BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
TRY ASTUTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
TRY ASTUTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TRY ASTUTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
TRY ASTUTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TEI-1 SMK YPT 1 Purbalingga yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk memperoleh data mengenai motivasi belajar menggunakan lembar angket motivasi belajar, sedangkan untuk data prestasi belajar menggunakan tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil penelitian pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika. Untuk nilai rata-rata hasil angket motivasi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 63,89 %, menjadi 71,26 % dan pada siklus III naik menjadi 76,28 %. Sedangkan untuk nilai rata-rata tes evaluasi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 63,51 menjadi 74,97 dan pada siklus III naik menjadi 76,02. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I yakni 58,97 %, pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan mencapai 71,79 % dan pada siklus III dengan persentase ketuntasan 87,17 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd dan Drs. Joko Purwanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: motivasi, prestasi belajar matematika dan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:20
Last Modified: 31 Aug 2017 04:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item