PENGARUH MODEL OUTDOOR EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MIM 2 KASEGERAN

TRINUGROHO, AGUS RIMAS (2017) PENGARUH MODEL OUTDOOR EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MIM 2 KASEGERAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO BAB I.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img]
Preview
Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
AGUS RIMAS TRINUGROHO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen yang bertujuan mengetahui pengaruh model Outdoor Experiential Learning terhadap prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MIM 2 Kasegeran. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent (Pre-test and Post-test) Control Group Design dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dipilih secara acak. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV dari dua sekolah, MIM 2 Kasegeran dan MIM Karanglo yang diasumsikan setara. Teknik pengumpulan data untuk mengukur prestasi belajar melalui pre-test dan post-test dan sikap peduli lingkungan diukur melalui angket. Perhitungan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil perhitungan variabel prestasi belajar menunjukkan thitung > ttabel atau 2,85 > 2,07 sehingga H0 ditolak yang berarti model Outdoor Experiential Learning berpengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MIM. Hasil perhitungan variabel sikap peduli lingkungan siswa menunjukkan thitung > ttabel atau 3,71 > 2,07 sehingga H0 ditolak yang berarti model Outdoor Experiential Learning berpengaruh lebih baik terhadap sikap peduli lingkungan siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MIM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, sikap peduli lingkungan, Outdoor Experiential Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:57
Last Modified: 31 Aug 2017 02:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item