UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI KELAS IV SD NEGERI 7 SOKANEGARA

MARZUQOH, AFISKA TITIS NURKUSUMA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR SERI KELAS IV SD NEGERI 7 SOKANEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB II.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
AFISKA TITIS NURKUSUMA MARZUQOH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence berbantu media gambar seri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Taggart dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Sokanegara yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil menulis karangan deskripsi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Menulis pada dasarnya bukan sekedar menuangkan isi pikiran ke dalam bentuk tulisan, tetapi lebih pada proses kreatif dalam menuangkan ide, pendapat dan gagasan ke dalam wacana agar dapat dibaca, di pahami dengan mudah, dan menarik untuk dibaca orang lain. Permasalahan berkaitan dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa di kelas IV SD Negeri 7 Sokanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) meningkatnya nilai ketuntasan materi menulis karangan deskripsi siswa dari 68,75 % pada siklus I meningkat menjadi 90,62% pada siklus II, 2) hasil observasi penggunaan model pembelajaran concept sentence dengan media gambar seri oleh guru pada siklus I sebesar 2,86 dengan presentase 71,65%, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,52 dengan presentase 88,1%, 3) hasil observasi penggunaan model pembelajaran concept sentence dengan media gambar seri terhadap siswa pada siklus I 3,1 dengan presentase 77,5%, pada siklus II mencapai 3,57 dengan presentase 89,4%. Berdasarkan analisis di atas bahwa penelitian menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantu media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Emawati, Ph.D dan Lia Mareza, M.A.
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis karangan deskripsi, media gambar seri, model pembelajaran concept sentence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:53
Last Modified: 31 Aug 2017 02:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item