PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC(VAK)BERBANTU PERMAINAN JAWABAN STIK DI KELAS III SD NEGERI 1 PASIR KULON

FATMASARI,, RIZKI (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC(VAK)BERBANTU PERMAINAN JAWABAN STIK DI KELAS III SD NEGERI 1 PASIR KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar IPS siswa melalui model Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantu permainan jawaban stik pada kelas III SD Negeri 1 Pasir Kulon, Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Pasir Kulon yang berjumlah 12 siswa. Sumber data yang digunakan berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpul an data yang digunakan adalah angket, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan sikap percaya diri siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor percaya diri siswa adalah 279 dengan rata -rata 2,33. Pada siklus II meningk at sebesar 380 dengan rata -rata 3,17. Prestasi belajar IPS siswa juga meningkat yang dibuktikan dari peningkatan nilai pemahaman kegiatan jual beli. Pada siklus I rata -rata prestasi belajar IPS adalah 67,75 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 58%. Pada siklus II, nilai rata -rata adalah 76,75 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 83%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantu permainan jawaban stik pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pasir Kulon da pat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd, dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn. M.A,
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, prestasi belajar IPS, Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantu permainan jawaban stik.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:21
Last Modified: 31 Aug 2017 02:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item