UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN WORD SQUARE PADA TEMA PERMAINAN KELAS III DI SEKOLAH DASAR

NURHAYATI,, RESTI (2017) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN WORD SQUARE PADA TEMA PERMAINAN KELAS III DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa terutama mata pelajaran IPS melalui pembelajaran tematik berbantuan media permainan word square . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Tamansari yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes, yang terdiri dari tes individu/evaluasi, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan percaya diri dan prestasi belajar siswa terutama mata pelajaran IPS. Hasil tersebut dibuktikan dengan data pada angket percaya diri siswa mengalami peningkatan dari siklus I yang mempunyai kriteria Baik yaitu nilai rata-rata klasikal 3,09, kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata klasikal 3,31 dengan kriteria sangat baik. Pada lembar observasi siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I mencapai rata-rata 2,68 dan termasuk dalam kriteria baik, sementara pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata- rata klasikal yaitu 3,30 dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada tiap pertemuan kedua terutama pada mata pelajaran IPS yaitu siklus I diperoleh rata-rata 70,76 dan ketuntasan belajar yang diperoleh 64% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa, sedangkan pada siklus II diperoleh data nilai rata-rata 79,20 dan ketuntasan belajar 88% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 22 anak dan yang tidak tuntas 3 anak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik berbantuan media permainan word square dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa terutama IPS kelas III di SD Negeri 1 Tamansari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, prestasi belajar, pembelajaran tematik, media permainan word square.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:45
Last Modified: 31 Aug 2017 01:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item